GENERASI 1 F10 - F20 (1974-1979)
Taft pertama kali diluncurkan pada tahun 1974 dan memiliki kode F10. Taft F10 dibekali dengan mesin bensin 4 segaris 1.0L (958 cc) karburatorbertenaga 57 hp (42,5 kW, 58 PS)@ 5500 rpm dengan torsi 78,5 Nm / 58 ft-lb @ 4000 rpm. Penggeraknya menggunakan transmisi manual 4 percepatan dibekali transfer case dual-range. Akselerasi 0-100 km/jam adalah berkisar 37,9 detik. [1] Taft F10 masuk ke Indonesia pada tahun 1976 dan berakhir pada tahun 1979.
Pada tahun 1977, Daihatsu membekali Taft dengan mesin baru bensin 4 segaris karburator 1.6L (1587 cc) bertenaga 79 hp(59 kW, 80 PS)@ 5200 rpm dengan torsi 123 Nm / 91 ft-lb @ 3000 rpm. Taft ini memiliki kode F20. Akselerasi 0-100 km/jam untuk F20 adalah berkisar 19,6 detik. [2]Taft F20 tidak dimasukkan ke pasar Indonesia.
| Produsen | Daihatsu |
|---|---|
| Juga disebut | Daihatsu Scat Daihatsu Wildcat |
| Masa produksi | 1974-1979 |
| Kelas | Mobil off-road kompak |
| Bentuk kerangka | SUV 2 pintu |
| Tata letak | Penggerak 4 roda dengan transfer case dual-range |
| Mesin | Mesin bensin 4 segaris karburator1.0L (958 cc) (F10) Mesin bensin 4 segaris karburator1.6L (1587 cc) (F20) |
| Transmisi | Transmisi manual 4 percepatan |
| Jarak sumbu roda | 2.025 mm (79,7 in) |
| Panjang | 3.360 mm (132,3 in) |
| Lebar | 1.460 mm (57,5 in) |
| Tinggi | 1.820 mm (71,7 in) |
| Berat kosong | 1.020 kg (2.249 lb) |
| Kapasitas bahan bakar | 32 liter (F10) 40 liter (F20) |
| Mobil terkait | Toyota Blizzard |
GENERASI 2 Taft F-50 ( Taft Kebo - Badak ) 1974 - 1984
Masuk ke Indonesia dalam 2 tipe yaitu F10 dan F50. Perbedaannya ada pada mesin yang digunakan dimana F10 memakai mesin bensin seri FE 4 silinder 958cc yang juga dipakai ke Daihatsu Compagno Berlina sedang F50 memakai mesin diesel. Taft dengan mesin bensin 1000cc ini dipadukan dengan transmisi 4 speed dan transfercase dual range yang menjadikannya Daihatsu Taft dengan mesin terkecil. Versi diesel atau F50 memakai mesin diesel DG 4 silinder indirect injection berkapasitas 2530cc. Mesin ini sanggup mengeluarkan tenaga 74Hp pada 3600Rpm dan torsi 172Nm pada 2200Rpm. Dengan tenaga dan torsi segitu sepertinya sudah cukup untuk offroad karena berat mobil ini hanya 1020Kg dan sistem gerak yang sudah 4X4. Berikut adalah spesifikasi lengkapnya :
| Spesifikasi Daihatsu Taft Kebo F10 & F50 | |
|---|---|
| Jenis | Jip |
| Tipe | F10 (bensin) F50 (diesel) |
| Mesin | Bensin FE SOHC 958cc Diesel DG 2500cc |
| Bore X Stroke | N/A |
| Sistem Bahan Bakar | Karburator (bensin) Diesel Indirec Injection (diesel) |
| Transmisi | Manual 4 Speed |
| Wheelbase | 2.025 mm |
| Panjang | 3.360 mm |
| Lebar | 1.460 mm |
| Tinggi | 1.820 mm |
GENERASI 3 TAFT F-70 1985 - 1995
Taft F70 diluncurkan oleh Daihatsu di Indonesia pada tahun 1985, populer dengan nama Taft GT. F70 merupakan model terlama yang dipasarkan oleh Daihatsu di Indonesia. Tampil dengan desain dan mesin baru, F70 menggunakan mesin diesel yang lebih besar dan bertenaga daripada sebelumnya dengan kode DL41 2.8L (2765 cc) berteknologi indirect injection. Tenaga maksimumnya 72 hp (53,5 kW, 73 ps) @ 3600 rpm dan torsi maksimumnya 170 Nm / 125 ft-lb @ 2200 rpm. [5] Mesin ini menggunakan timing gear sebagai penggerak katupnya dengan pompa injeksi in-line. Semua Taft F70 yang beredar menggunakan penggerak 4 roda.
Pada tahun 1988, mesin diesel berkode DL41 digantikan oleh mesin diesel generasi berikutnya yaitu DL42 dengan volume total silinder sama (2765 cc). Mesin ini sekarang telah menggunakan timing belt sebagai penggerak katup dengan pompa injeksi rotari yang menggantikan pompa injeksi in-line. Setelah itu, pada tahun 1991, juga terdapat pembaharuan transmisi manual yang semula hanya 4 percepatan, lalu menjadi 5 percepatan.
Di luar negeri, ada 3 mesin yang tersedia yaitu mesin bensin Toyota 3Y2.0 L karburator bertenaga 88 PS (65 kW); dan 2 varian mesin diesel 2.8 liter, tanpa turbo bertenaga 73 PS (54 kW), atau dengan turbochargerbertenaga 88 PS (65 kW). Part-time 4WD menjadi standar. Model bermesin Toyota dijual di Jepang dengan nama Toyota Blizzard.
| Produsen | Daihatsu |
|---|---|
| Juga disebut | Daihatsu Scat Daihatsu Wildcat |
| Kelas | SUV |
| Tata letak | Penggerak roda belakang/Penggerak 4 roda |
| Mesin | Mesin diesel DL41 2.8L (2765 cc) (1985-1988), DL42 2.8L (1988-1995) |
| Transmisi | transmisi manual 4 percepatan (1985-1991)/5 percepatan (1991-1995) |
| Jarak sumbu roda | 2.205 mm (86,8 in) (Hiline GTS dan Taft GT) 2.530 mm (99,6 in) (Hiline GTX dan Rocky) 2.800 mm (110,2 in) (Hiline GTL dan Pickup/RPR)[4] |
| Panjang | 3.775 mm (148,6 in) (Hiline GTS dan Taft GT) 4.100 mm (161,4 in) (Hiline GTX dan Rocky) 4.560 mm (179,5 in) (Pickup/RPR) 4.580 mm (180,3 in)(Hiline GTL)[4] |
| Lebar | 1.580 mm (62,2 in) (Hiline GTL dan Pickup/RPR) 1.660 mm (65,4 in) (Hiline GTS, Taft GT, Rocky)[4] |
| Tinggi | 1.830 mm (72,0 in)(Pickup/RPR) 1.840 mm (72,4 in)(Taft GT, Hiline GTS/GTL) 1.915 mm (75,4 in)(Rocky)[4] |
| Berat kosong | 1.340–1.500 kg (2.954–3.307 lb) |
| Kapasitas bahan bakar | 60 liter |
TAFT F69 - F75 ( 1988)
F69 Hiline[sunting | sunting sumber]
Selain Taft F70, Di Indonesia Daihatsu juga meluncurkan Taft F69 yang disebut Hiline yang diperkenalkan pada tahun 1986. Model yang diperkenalkan saat itu memiliki variasi dimensi, dari sumbu-roda pendek (Hiline GTS, short-wheelbase), sumbu-roda menengah (Hiline GTX, medium-wheelbase), sampai sumbu-roda panjang (Hiline GTL, long-wheelbase). Hiline GTS memiliki dimensi dan mesin sama dengan F70, hanya saja F69 hanya berpenggerak roda belakang, sedangkan F70 berpenggerak 4 roda. Hiline GTX, yang beredar pada tahun 1986-1988, merupakan cikal bakal F75 Rocky. Sedangkan Hiline GTL memiliki sumbu roda terpanjang, umum digunakan sebagai kendaraan angkutan. Pada umumnya, semua F69 berpenggerak roda belakang saja, namun ada beberapa Hiline (GTS, maupun GTL) berpenggerak 4 roda yang merupakan pesanan khusus.
F75 Rocky[sunting | sunting sumber]
Pada tahun 1988, Daihatsu meluncurkan versi baru dari Taft yang diberi kode F75 atau populer disebut sebagai Rocky. Rocky memiliki atap removable yang terbuat dari resin dengan medium-wheelbase. Mesin yang digunakan adalah mesin diesel DL42 2.8L (2765 cc).
GENERASI 4 TAFT F73-F78 ( 1996-2007 )
Pada tahun 1996, Daihatsu meluncurkan generasi terakhir Taft yang diberi kode F73. Tidak ada perbedaan bentuk yang mencolok antara F73 dengan F70 kecuali pada gril dan lampu bagian depannya. Taft generasi ini juga disebut Taft Independent karena telah memakai suspensi independen (Independent front suspension) untuk roda depan dan gardan solid dengan per keong untuk roda belakang. Untuk mesinnya, tetap menggunakan mesin diesel DL42 2.8L (2765 cc) dengan transmisi manual 5 percepatan.
Selain F73, Daihatsu juga meluncurkan Rocky generasi terbaru yang diberi kode F78. Pembaharuan yang dilakukan sama dengan F73, yang membedakan keduanya hanyalah sumbu rodanya saja.
Taft F73 dan F78 diproduksi di Indonesia hingga tahun 2007.
| Produsen | Daihatsu |
|---|---|
| Kelas | SUV |
| Tata letak | Penggerak 4 roda |
| Mesin | Mesin diesel DL42 2.8L |
| Transmisi | transmisi manual 5 percepatan |
| Jarak sumbu roda | 2.210 mm (87,0 in) (F73) 2.520 mm (99,2 in) (F78) |
| Panjang | 3.761 mm (148,1 in) (F73) 4.063 mm (160,0 in) (F78) |
| Lebar | 1.754 mm (69,1 in) (F73 dan F78) |
| Tinggi | 1.848 mm (72,8 in)(F73) 1.908 mm (75,1 in)(F78) |
| Berat kosong | 1.553–1.590 kg (3.424–3.505 lb) |
Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Daihatsu_Taft
Tidak ada komentar